Kamis, 24 November 2011


Form
Dalam Ms. Access, form digunakan untuk memudahkan pengguna dalam
melakukan pengolahan data, seperti: penyisipan (insert), pengubahan atau pembaharuan
(update) dan penghapusan (delete) data. Sama dengan table dan query, terdapat 2 cara
untuk membuat form, yaitu :
a. Create form in Design view, memungkinkan membuat form sesuai keinginan
kita, yaitu dengan memasang beberapa komponen yang diinginkan secara
manual sesuai kebutuhan. Cara ini relatif rumit dan memerlukan banyak proses.
b. Create form by using wizard, memungkinkan membuat form dengan cepat.
Dengan cara ini, kita hanya melakukan pemilihan nama tabel yang ingin kita
olah menggunakan form yang akan dibuat, kemudian memilih field-field mana
saja yang perlu ditampilkan pada form.

Report
Report dalam Ms. Access digunakan untuk membuat laporan. Laporan
merupakan representasi dari hasil pengolahan data dari tabel dan/ query yang telah
dibuat. Sama dengan form, report juga bisa dibuat dalam 2 cara, yaitu Design View dan
Wizard.
Report digunakan untuk mencetak hasil. Langkah-langkahnya :
1. Klik Create
2. Pilih Report Wizard
3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next
4. Urutkan seperti keinginan, klik next
5. Pilih gaya tampilan report (tampilan dibawah menggunakan gaya Urban), lalu next
6. Klik Finish

Microsoft acces


Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi
database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasia plikasi yang kecil. Misalnya Program untuk Kasir di koperasi, penjualan untuk toko.

Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana.




Bagian - bagian Microsoft Access :
a. Table digunakan untuk menyimpan data
b. Query digunakan untuk memanipulasi data
c. Form  digunakan untuk frontend aplikasi.  Biasanya untuk menampilkan data,
menambah data dll.
d. Report digunakan untuk membuat laporan
e. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.
f. Switchboard digunakan agar pemakai / User dapat dengan mudah menjalankan program yang telah dibuatnya 

Table adalah tempat untuk menyimpan data.  Contohnya data barang disimpan di table barang




Query adalah 'permintaan data' kita berupa bahasa bisnis, untuk  mengolah data dalam 
tabel(-tabel) menjadi satu informasi yang bisa dimengerti. Seperti mengelompokkan 
sepuluh penjualan terbesar oleh customer yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel 
saja, atau pada dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan pada query yang telah ada.

Manfaat Query adalah :

a. Menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya kita hanya ingin 
melihat data pada table barang yang kode barangnya “B001” 
b. Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr table itu ada field 
yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa 
pemiliknya. Di sini kita mengambil data  dari table  Header  Penjualan dan Table 
Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field NIK. 
c. Dapat melakukan operasi perhitungan. 
Form
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user datadata dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows. 
form dalam access bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya 
jika bekerja dalam transaksi master-detail.